80 Persen Guru Palembang Sudah Vaksin

80 Persen Guru Palembang Sudah Vaksin

Sebelumnya, Pemerintah mengumumkan distribusi vaksin virus corona akan dilakukan secara bertahap. “Karena mereka hanya sedikit jumlah murid yang datang ke sekolah, terbatas, kemudian ada memanfaatkan ruang terbuka di luar untuk mengajar, kemudian ada guru kunjung,” jelasnya. Silvia mengaku, meski sekolah belum tatap muka namun sejak sebulan terakhir pasien COVID-19 dari usia anak-anak di Palembang mengalami peningkatan hingga mencapai ratusan orang. Di mana hal itu beresiko terhadap guru-guru dan anak-anak peserta didik. Yang menjadi pertanyaan apakah mungkin vaksinasi terhadap seluruh guru sebelum PTM dilakukan.

Vaksin bagi guru

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, mengatakan total ada 37 tenaga pendidik di sekolah itu. Tapi dari 10 (guru positif covid-19) itu ada yang sudah divaksin,” kata Baning dihubungi, Jumat, 11 Juni 2021. Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja akan menggelar vaksinasi massal untuk guru dan tenaga kependidikan dari taman kanak-kanak sampai sekolah menengah pertama . Situasi pandemi yang belum terkendali ini seperti tidak dilihat pemerintah.

Tujuannya, tentu guna menciptakan kekebalan massal atau hard immunity, dan menyudahi masa pandemi di negeri ini. Survei bertajuk ‘Persepsi Guru Atas Program Vaksinasi’ ini dilakukan FSGI pada 7-12 Maret 2021 melalui survei on-line menggunakan Google Form terhadap 2.406 guru dari 23 provinsi di Indonesia. Sementara itu, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Sonny Harry Harmadi mengatakan perlu juga untuk memperhatikan distribusi vaksin. “Kami turut berkoordinasi dengan dinas-dinas daerah dan Dinkes untuk bisa pastikan guru-guru kita mendapatkan vaksinasi COVID-19,” imbuhnya.

“Nanti di Desember atau awal Januari, Indonesia bisa memulai vaksinasi. Di mana ini sedang dipersiapkan Perpres pengadaan vaksin dan juga terkait masterplan untuk vaksinasi,” jelas Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. “Sebagian besar orang tua, kemudian sekolah-sekolah kita itu sudah ingin PTM. Berangsur-angsur akan terus kita dorong untuk mempersiapkan diri, untuk melengkapi dokumen-dokumen kemudian sarpras, sistem, SOP, budaya untuk siap menyelenggarakan PTM terbatas,” ungkapnya lagi. Laporan CDC menemukan bahwa siswa duduk dengan jarak kurang dari three kaki, dan penggunaan masker yang tidak memadai berkontribusi dalam penyebaran Covid-19 di sekolah.

Berdasarkan survei FSGI yang diikuti oleh 2.406 guru dari 26 provinsi di Indonesia tercatat, persentase ketidaksediaan mengikuti vaksinasi Covid-19 guru usia muda cukup besar. Pada guru yang berusia 20 tahun hingga 29 tahun ada sebanyak 10,61 persen yang tidak bersedia mengikuti vaksinasi. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Federasi Serikat Guru Indonesia meminta pemerintah untuk lebih masif melakukan sosialisasi kepada guru mengenai dampak vaksin Covid-19.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kendari tercatat sebanyak 2.005 guru telah menerima vaksin dari 4.576 orang yang menjadi sasaran. Masih berkaitan, pemerintah terus melakukan upaya masif Togel Online dalam melakukan vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidik. Pemerintah Kota Surabaya terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Setelah sebelumnya menyasar tenaga kesehatan, petugas pelayan publik hingga lansia, kali ini vaksinasi menyasar guru SD dan SMP di Surabaya.

Comments are closed.